Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi Secara Daring (On-line) dan Berkas Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Siswa 2015

Salam Dapodik News.Perguruan tinggi penyelenggara kegiatan Bidikmisi ialah akademi tinggi tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Pada tahun 2011 mahasiswa baru penerima Bidikmisi bertambah sebanyak 30.000 di 117 akademi tinggi tinggi negeri dan pada tahun 2012 bertambah lagi sebanyak 42.000 mahasiswa termasuk 2.000 mahasiswa akademi tinggi tinggi swasta. Sedangkan pada tahun 2013 sebanyak 61.000 mahasiswa termasuk 8.000 untuk akademi tinggi tinggi swasta, dan tahun 2014 sebanyak 63.070 mahasiswa (58.000 untuk PTN dan 5070 untuk PTS). 
Baca Juga : Ini Dia Kriteria Yang Berhak Menerima Program Dana Bantuan Bidikmisi 2015
Pada tahun 2015 akan dilanjutkan dengan menerima 60.000 calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang diselenggarakan di 120 akademi tinggi tinggi negeri dan beberapa akademi tinggi tinggi swasta yang akan diseleksi melalui Kopertis dibawah Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi. dan Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri akademi tinggi tinggi secara daring ialah sebagai berikut.
Tahapan pendaftaran Bidikmisi 
  • Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi ke http:// bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/ dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 2 episode F) untuk menerima nomor Kode Akses Sekolah. 
  • Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja. 
  • Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui http:// bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login menggunakan kombinasi NPSN dan Kode saluran yang telah diverifikasi 
  • Sekolah memperlihatkan nomor pendaftaran dan instruksi saluran kepada masing masing siswa yang sudah direkomendasikan 
  • Siswa mendaftar melalui laman http:// bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran. 
Bagi Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing referensi seleksi melalui alamat .berikut.
  • SNMPTN melalui http:// snmptn.ac.id
  • SBMPTN melalui http://sbmptn.ac.id.
  • Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN.
  • Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS 
Siswa yang mendaftar, melengkapi berkas dan dibawa pada saat pendaftaran ulang seleksi masuk. 
  • Kartu penerima dan formulir pendaftaran kegiatan Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi; Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
  • Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Fotokopi nilai ujian simpulan nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah; 
  • Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Beasiswa Siswa Miskin (BSM); 
  • Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang basi tanah bekerja/tokoh masyarakat; 
  • Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia pedoman listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.
Baca Juga : Jangka Waktu Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi 2015
Sekian dan terima kasih agar bermanfaat!!!! 

Sumber http://roda-pendidikan.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Melakukan Pengisian Data Akreditasi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Aplikasi Dapodikmen Versi 8.14

Cara Pengisian Data Blockgrant Pada Menu Tab Sekolah di Aplikasi Dap[odikmen versi 8.14

Cara Pengisian Data Riwayat Jabatan Fungsional PTK di Aplikasi Daposikmen Versi 8.14