Teknik Penulisan dan Penyusunan Proposal Untuk Memperoleh Bantuan Peningkatan Karier PTK SMP Melalui MGMP SMP 2015

Salam Dapodik News.Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud mengumumkan acara pemberian dana tunjangan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015melalui pertemuan/rapat koordinasi, dan melalui pengiriman dokumen fatwa ke dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota, serta melalui media cetak dan elektronik dengan situs/laman:http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id/
Baca juga: Besaran Dana Bantuan Yang diterima MGMP SMP dalam Peningkatan Karier PTK SMP 2015
Pemberitahuan juga dilakukan keinstansi/lembaga terkaitantara lain: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP),serta unit-unit terkait lainnya. 
Baca juga : Langkah Kegiatan Apa Saja Yang Harus Dilakukan MGMP SMP Untuk Memperoleh Bantuan Peningkatan Karier PTK SMP 2015
Lebih lanjut dalam upaya percepatan acara pemberian tunjangan karier guru melalui acara di MGMP SMPdalam pengajuan proposal harus dilengkapi berkas MoU dan kuitansidana tunjangan rangkap 2 (dua) dengan ketentuan:
  1. Berkas 1 (satu) MoU diisi lengkap dengan ditandatangani oleh ketua MGMP SMP di atas materai Rp6.000 (enam ribu rupiah) dan distempel (contoh lihat lampiran 1);
  2. Berkas 2 (dua) MoU ditandatangani oleh ketua MGMP SMP bermaterai dan distempel (contoh lihat lampiran 1);
  3. Kuitansi dana bantuan, diisi lengkap dan ditandatangani oleh ketua MGMP SMP bermaterai dan distempel (contoh lihat lampiran 2).
MoU dan kuitansi yang ditandatangani belum berlaku MOU/kuitansi dimaksud dinyatakan berlaku jikalau MGMP SMP yang mengajukan proposal dinyatakan lulus seleksi dan ditandatangani oleh kedua belah pihak.

SISTEMATIKA DAN TEKNIK PENULISAN PROPOSAL

1. Sistematika dan Teknik
Bagi MGMP SMP yang berminat untuk memperoleh tunjangan peningkatan karier PTK SMP wajib menyusun proposal dengan sistematika sebagaimana berikut.
  1. HALAMAN JUDUL ( diisi judul lengkap binkar yang akan dikerjakan)
  2. HALAMAN PENGESAHAN ( pengesahan dari dinaspendidikan )
  3. ABSTRAK (diisi deskripsi singkat lingkup kegiatan) diajukan)
  4. KATA PENGANTAR (diisi hal yang mengantarkan maksud dari acara yang diajukan)
  5. DAFTAR ISI (diisi sesuai dengan daftar acara dan sistematika proposal)
  6. DAFTAR TABEL (diisi daftar tabel jikalau ada)
  7. DAFTAR LAMPIRAN (diisi daftar lampiran jikalau ada)
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang (diisi menjawab mengapa acara diperlukan)
B. Dasar Hukum ( diisi secara juridis yang melandasirencana kegiatan)
C. Tujuan (diisi tujuan umum dan khusus atas acara yang diajukan)
D. Sasaran (diisi target sasaran peserta yang diikutsertakan dalam kegiatan)
E. Hasil yang diharapkan (diisi harapan pelaksanaan acara yang diusulkan)
F. Manfaat (diisi manfaat atas acara yang diperoleh jikalau mendapat bantuan)
G. Dampak (diisi dampak dari acara yang dilaksanakan jikalau mendapat bantuan)

BAB II PELAKSANAAN PROGRAM
A. Program, antara lain mencakup: 
  1. Tempat dan waktu (diisi dimana dilaksanakan dan kapan dilaksanakan);
  2. Bentuk dan pola (pilih pola dan bentuk acara yang akan dilaksanakan);
  3. Metode (diisi strategi dan metode pelaksanaan kegiatan);
  4. Struktur acara (diisi nama binkar/workhsop dan jumlah jam per mata binkar);
  5. Silabus (diisi standar kompetesi/sub kompetensi, silabus untuk setiap mata bimtek yang akan dikembangkan);
  6. Pengarah (diisi nama pejabat dan jabatannaya; wajib mengundang dinas pendidikan kabupaten/kota untuk menyampaikan arah dan kebijakan);
  7. Narasumber(diisi narasumber yang akan dilibatkan pada acara yang akan diselengarakan, misal dari unsur dinas, P4TK, LPMP, LPTK, guru inti, PTK teladan, dan pakar lain yang relevan, 
  8. Peserta (diisi calon peserta/anggota yang akan mengikuti kegiatan);
  9. Panitia (diisi nama panitia berikut nama jabatan dan asal institusi):dan 
  10. Aspek lain yang relevan.
B. Rincian Kegiatan (diisi detail acara yang akan dilaksanakan);
C. Jadwal/Agenda (diisi mata pembinaan karier, hari dan tanggal, alokasi waktu, penyaji, dan aspek lain yang relevan);
D. Rencana Anggaran Biaya Riil, ditail rencana penggunaan dana(lihat lampiran 7).

BAB IIIPENUTUP
A. Kesimpulan (diisi ringkasan dari keseluruhan harapan rencanakegiatan)
B. Rekomendasi (diisi harapan sumbang saran untuk masa depan)

LAMPIRAN
  1. Susunan Kepengurusan Organisasi MGMP SMP.
  2. Rekapitulasi pengurus dan keanggotaan MGMP SMP (Lampiran 3).
  3. Fotokopi MoU yang sudah ditandatangani di atas materai Rp.6.000dan distempel; oleh ketua MGMP SMP calon penerima tunjangan dana), dibuat rangkap 2. (Lampiran 1).
  4. Kuitansi yang sudah ditandatangani (di atas materai Rp6.000 dan distempel) oleh ketua MGMP SMP calon penerima tunjangan dana, dibuat rangkap 2. (Lampiran 2).
  5. Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan melaksanakan acara kegiatan yang dibantu melalui acara pengembangan karier PTK dikdas dari Dit. P2TK Dikdas danmelakukan publikasi hasil acara (Lampiran 4).
  6. Surat pernyataan bahwa proposal yang diajukan asli dan benar sesuai dengan kondisi lapangan (Lampiran 5).
  7. Fotokopi rekening yang masih aktif pada bank Pemerintahatas nama MGMP SMP, bukan atas nama pribadi.
  8. Fotokopi nomor pokok wajib pajak (NPWP) atas nama MGMP SMP, bukan atas nama pribadi.
  9. Lampiran tentangDeskripsi Program Kerja dan Hasil Pelaksanaan Kegiatan MGMP Selama Satu Tahun Terakhir, yang memuat minimum antara lain:
  • Rekapitulasi dan Deskripsi Program Kerja Satu Tahun Terakhir(yangdisahkan oleh ketua calon penerima tunjangan dana);
  • Rincian Pengeluaran Dana Satu Tahun Terakhir; dan
  • Bukti Hasil Pelaksanaan Program,antara lain: foto kegiatan, acuan hand-out, presensi peserta, dan hal lain yang relevan.
KETERANGAN: Khusus lampiran nomor 3, 4, 5, 7 dan 8 merupakan dokumen asli, dan lampiran 3, 4, 5, 7, dan 8 dibundel secara khusus tetapi tidak dijilid menjadi satu dengan proposal. Bundel lampiran tersebut cukup dimasukkan di dalam proposal.

2. Teknik Penulisan
Proposal tunjangan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015 disusun dengan ketentuan:
  1. ukuran kertas: A4;
  2. tebal kertas: minimal 70 mg;
  3. orientasi:portrait;
  4. garis tepi/margin: 4 – 4 – 3 – 3 cm;
  5. jenis huruf: arial;
  6. ukuran huruf: 12;
  7. spasi: 1,5;
  8. sampul/cover proposal warna BIRU.

Sumber http://roda-pendidikan.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Melakukan Pengisian Data Akreditasi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Aplikasi Dapodikmen Versi 8.14

Cara Pengisian Data Blockgrant Pada Menu Tab Sekolah di Aplikasi Dap[odikmen versi 8.14

Cara Pengisian Data Riwayat Jabatan Fungsional PTK di Aplikasi Daposikmen Versi 8.14