Contoh Soal-Soal Tes Intelegensi Umum dalam, Tes Kompetensi Dasar, Untuk Pengadaan CPNS

Salam Dapodik News. Test Kompetensi Dasar ialah test untuk mengukur kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan sesorang jika dia bekerja atau memangku jabatan sebagai PNS. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil. 
Baca Juga : Ini Dia Kisi Kisi Materi Tes Pengadaan CPNS, Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang
Materi test kompetensi dasar (TKD) dintaranya adalah:
Tes Intelegensi Umum (TIU) 
dimana Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai: 
  1. Kemampuan lisan yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
  2. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka angka; 
  3. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan kebijaksanaan sehat secara runtut dan sistematis;dan  
  4. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
Berikut ini ialah rujukan soal Tes Intelegensi Umum: 
A. Kemampuan verbal
Kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. 
Korelasi Kata 
Contoh soal : Mobil – Bensin = Pelari - ........
a. Makanan b. Sepatu c. Kaos d. Lintasan 
Sinonim 
Contoh :Baku = ..........
a. Perkiraan b. Standar c. Umum d. Normal e. Asli 
Antonim 
Contoh : Kendala = ……
a. Kekerasan b. Pendukung c. Manifestasi d. Bimbingan e. Gejala 
Pengelompokkan Kata 
Contoh : a. Membelah b. Memotong c. Membagi d. Memecah e. Memukul 
Jawabannya: memukul, semua jawaban menyampaikan “membagi menjadi 2”, kecuali memukul. 
B. Kemampuan Numerik
Kemampuan Numerik ialah Kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
Irama Bilangan 
Contoh :
4,5,6,7,8……….. angka selanjutnya ialah ....... Jawaban : 9, 10, 11 dst 
13, 15, 18, ………….angka selanjutnya ialah ..... Jawaban : 22, 27, 33 dst 
Deret Angka Huruf 
Contoh :
4,9,16,25, 36 ……. angka selanjutnya ialah ....... Jawaban : 49 
15,15,14,12,9,5,……angka selanjutnya ..... Jawaban : 0 
Seri Huruf
Contoh : 
a,b,c,f,e,d,g,h,i,l,k,j,m,………….seri selanjutnya ialah ....Jawaban : n,o Keterangan Jawaban : Pola 1= abc (urut) ; Pola 2= fed (terbalik) 
a, x, z, e, x,z,i, x,z,m, x, z, …….Seri selanjutnya ialah .......Jawaban : q,x Keterangan Jawaban : Pola 1= a,e,i,m dst. Dari huruf satu ke huruf selanjutnya abjad a, (bcd), e, (fgh),i, (jkl), m, (nop), q, dst Pola 2= xz,xz,xz, dst rujukan 2 diselipkan pada rujukan 1 Berhitung Cepat Contoh : 
699 : 66 x 3 = ………… Jawaban = 31,8 
87576 + 8997 = ………. Jawaban = 96573 Kuantitatif
Contoh : 
1. ½ +4x = 10, maka x =………..
Jawaban:
½ + 4x = 10
4x = 10 – ½ 
4x = 9 ½ 
x = 9 ½ : 4
x= 19/2 : 8/2
x = 9/8 
2. Hitung (x-1) (x-1), jika x = 1 !
Jawab:
= (x-1)(x-1)
= X
- 2x + 1
= (1)
- 2 (1) +1
= 1 – 2 + 1
= 0 
Aritmatika Sederhana
Contoh : 
Mr. Baron berumur 8 kali dari umur anaknya. Sedangkan Mrs. Yulia 6 kali umur si anak. Mereka menikah 10 tahun yang lalu. Umur berapa Mr. Baron menikah, bila waktu menikah perbandingan umur Mr. Baron dan Mrs. Yulia ialah 3
berbanding 2? 
Jawaban :
Waktu menikah, Mr. Baron 3 x, Mrs. Yulia 2 x, 10 tahun kemudian, si ayah  3x+10, Mrs. Yulia 2x + 10. Kini, umur Mr. Baron = 8y=3x+10, Mrs. Yulia = 6y = 2x + 10, x = 2y, maka, y = 5 umur maka Mr. Baron 40 tahun, dan Mrs. Yulia 30 tahun.
C. Kemampuan Teknikal
Kemampuan teknikal, ditujukan untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan kuantitatif dan budi analisis dalam bidang teknik secara umum.
Contoh :
1. Kecepatan mobil Adri 90 km per jam. Jarak Bogor-Jakarta 60 km. Jika Adri berangkat dari Bogor pukul 10, pukul berapa Adri akan tiba di Jakarta?
a. 11.30 
b. 11.00 
c. 10.30 
d. 10.40 
2. Sebuah pesawat terbang menempuh jarak 3 km dalam waktu 15 detik. Berapa kecepatan pesawat terbang tersebut ? 
a. 440 km/jam
b. 520 km/jam
c. 600 km/jam
d. 720 km/jam 

D. Kemampuan berfikir logis
Kemampuan melakukan kebijaksanaan sehat secara runtut dan sistematis dan ditujukan untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan berfikir logis, yaitu mencari kebenaran sesuai dengan fakta serta silogisme. Dalam hal ini sesuai dengan informasi yang ada/diberikan. 
Contoh :
1. Semua wisatawan selalu mengunjungi kota yang memiliki kesenian daerah. Kota Yogyakarta memiliki banyak kesenian daerah. Makara : ...... 
a. Hanya beberapa wisatawan mengunjungi Kota Yogyakarta
b. Sebagian wisatawan tidak mengunjungi Kota Yogyakarta
c. Semua yang mengunjungi Kota Yogyakarta ialah wisatawan.
d. Semua wisatawan selalu mengunjungi Kota Yogyakarta 
2. Semua guru ialah pegawai negeri; Sebagian guru ialah penulis. Manakah yang tak cocok dengan pernyataan di atas? 
a. Sebagian penulis ialah pegawai negeri
b. Sebagian pegawai negeri ialah guru
c. Sebagian penulis ialah guru
d. Semua penulis ialah pegawai negeri 

E. Kemampuan berfikir analitis
Kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik serta ditujukan untuk mengukur kemampuan membaca, mencerna, menganalisis, dan menarik kesimpulan logis dan metodis terhadap informasi yang diberikan. 
Contoh : 
1. Lazimnya, entrepreneur dipandang sebagai seorang individu yang memiliki dan menjalankan perjuangan kecil. Namun , sekedar memiliki dan menjalankan perjuangan kecil atau perjuangan besar sekalipun tidak menjadikan seseorang sebagai entrepreneur. Jika seseorang ialah entrepreneur sejati, maka ada produk baru yang ia ciptakan dan ada cara baru yang ia ciptakan untuk menjalankan usahanya. Dari pernyataan berikut, manakah kesimpulan terbaik dari paragraf di atas? 
a. Seorang pemilik perusahan besar bisa merupakan seorang entrepreneur
b. Seorang yang membangun sebuah perusahaan dapat dianggap seorang entrepreneur. 
c. Entrepreneur tidak memiliki dan menjalankan perjuangan kecil.
d. Entrepreneur ialah investor. 
2. Dalam satu kelas ada sejumlah anak yang menyukai olahraga. Lisa menyukai olahraga bola Volley dan tidak menyukai atletik, Dino menyukai olahraga bola basket dan volley. Perdi menyukai semua olahraga kecuali volley. Susi menyukai olahraga tanpa bola. Sedangkan Gino menyukai olahraga dengan bola. Mereka yang menyukai olahraga volley adalah... 
a. Dino, Gina, dan Lisa
b. Susi, Gino, dan Dino
c. Pardi, Gino, dan Lisa
d. Dino, Susi, dan Lisa 
Baca Juga : Cara Melakukan VerVal Peserta Didik Untuk Memperoleh NISN
Sekian dan Terima Kasih Semoga bermanfaat!!!

Sumber http://roda-pendidikan.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Melakukan Pengisian Data Akreditasi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Aplikasi Dapodikmen Versi 8.14

Cara Pengisian Data Blockgrant Pada Menu Tab Sekolah di Aplikasi Dap[odikmen versi 8.14

Cara Pengisian Data Riwayat Jabatan Fungsional PTK di Aplikasi Daposikmen Versi 8.14